Senin, 13 November 2017

Karena 90an Rusak Kids Zaman Now Sebelanga

Assalamuallaykum wr. wb aduh gimana ya, gw minta maaf ini baru apdet, sibuk gw mikirin konten buat kepengangguran gw, oh iya sebagaimana yang kalian tau sebelumnya, gw apdet kalo galau, untuk kali ini engga dan semoga seterusnya engga (se-mo-ga) semoga, gw akan apdet kalo lagi apdet, jadi kapan aja bisa apdet J tapi gw bingung, udah setahun lebih blog gw gak gw buka yang baca udah puluhan ribu yang baca, orang goblog mane coba yang nyasar kemari? FYI nih ya, buat tulisan cerpen, puisi, cerita bersambung dari agasinkron, bisa kalian buka www.kandanghuruf.tk (kalo gak bisa dibuka berarti lagi perbaikan) maklum blog buat isi rekening biar jadi orang kaya. untuk blog yang ini cuma tulisan sekedar aja.

“yaelah kids jaman now” “emang dah kelakuan bocah-bocah alay” “gak jauh udah bocah pala koreng kelakuannya”
                 
Setiap zaman selalu ada aja istilah buat mereka yang umumnya lebih muda dari kita dan perilakunya gak sesuai yang diharapkan (tindakan negatif) dalam hal ini gw jadi inget mata kuliah “Teori Belajar Pembelajaran” kalo kalian kuliah di kampus pendidikan pasti dapet mata kuliah ini, dalam kuliah tersebut ada beberapa yang gw jadiin pedoman gw jika gw jadi tenaga pendidik profesional atau jadi orang tua nanti “murid tidak pernah salah” kalimat tersebut tertulis di modul TBP, gw lupa siapa penulisnya *maaf* mungkin kalo buat beberapa orang, kalimat itu gak bisa begitu aja disepakati. Entah kenapa pas gw baca modul itu, gw sangat sepakat dengan kalimat itu. Okey kenapa gw bawa-bawa kids zaman now sama mata kuliah pendidikan?

Kita yang dewasa, anggap saja kita kelahiran tahun 90an, yang sering kita bangga-banggain tuh tahun kita, padahal tahun itu Indonesia lagi pontang-panting. Kita yang bangga-banggain orgasme berkepanjangan dihadapan kids zaman now banding2in lagu kita lebih bagus lah, acara televisi kita lebih bagus lah, pergaulan kita lebih baik lah, main kelereng, becek-becekan, maen bola antar kampung, maen berbi-berbian, dll yang bisa dilakukan bersama, alah persetan. Hanya karena hal itu semua kita menghakimi anak-anak muda di bawah kita kalau mereka generasi yang buruk. Kita yang selalu bangga dengan zaman kita hingga lupa bagaimana caranya mendidik anak-anak di bawah kita, yang bisa kita lakukan cuma menghakimi, caci-maki, banding-bandingin. Padahal kalian dulu pasti benci kan kalo pas di sekolah atau dirumah dibanding-bandingin.

“murid tidak pernah salah” kalo kalian ngerasa superior, punya power, punya suara yang bisa didenger sama yang lebih muda, harusnya kalian nasehatin, arahin yang bener, “ini loh dek begini” “jangan gitu dek, efeknya nanti gini-gini” jangan kita malah “dasar kids zaman now, bocah alay!” ya emang mereka anak bocah, mau diapain lagi, elu kata-katain sampe lidahlu berdarah bernanah percuma, karena hal tersebut gak mendidik sama sekali

Contoh kecilnya, sekarang lagi musim game Mobile Legend atau DoTA, kalolu tau di timlu ada anak bocah SD, ato SMP, SMA sederajat jangan dikatain, kasih motivasi “don’t give up, game is hard, hang on we will win this game, well played, relax you are doing fine” atau bisa juga suruh uninstal gamenya, suruh belajar sama sekolah yang bener, aduin ke orang tuanya kalo anaknya cuma buang-buang kuota sama  listrik. Nah kalo sepantaran lu kata-katain gapapadah

Nah kalo di lingkungan rumahlu ada anak-anak belia pada nongkrong gak jelas, ngelakuin tindakan yang gak sewajarnya (padahal nongkrong juga gak baik sih buat bocah-bocah SD SMP) kalian buabarin aja tongkrongannya, jangan bisanya cuma nyinyir di medsos, emang mereka kenal samalu di medsos, diskusiin ke RT atau karang taruna. Sesimpel itu kok.
                               sumber : jamber bagus


0 komentar:

Posting Komentar